Cara Bekerja di Perusahaan Pertambangan

jenis-pekerjaan-tambang-batu-bara

Telah jadi rahasia umum bila orang yang bekerja di pertambangan umumnya tampak lebih mapan dari profesi lain. Namun tahukah bagaimana caranya pekerja tambang mengawali kariernya, bekerja di pertambangan yang pisahlah dengan keluarga, serta bebrapa kesusahan yang lain, yang pada akhirnya disertai dengan pendapatan yang lebih, hingga pendapatan pekerja tambang itu lumrah serta sepadan dengan usaha kerasnya. Pekerjaan minyak dan gas seperti perusahaan milik negara yaitu pertamina yang mengangkat tema pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan selalu menekankan pada keselamatan kerja bagi para pekerjanya.

Ada tiga prasyarat paling utama sebagai basic masuk didunia pertambangan yakni pendidikan (knowledge), kompetensi/keterampilan, serta kesehatan. Tiga hal itu yaitu prasyarat basic yang mutlak dipunyai oleh calon pekerja tambang, bila ada prasyarat yg tidak dipunyai, baiknya urungkan kemauan jadi pekerja tambang, terkecuali bakal bekerja di tambang ilegal atau tambang yg tidak ditata oleh pemerintah.

Pendidikan

Bekerja di pertambangan tak mesti lulusan pertambangan atau geologi, banyak jurusan lain yang dibutuhkan di aktivitas pertambangan dari mulai Tehnik Mesin, Tehnik Elektro, Tehnik Kimia, Matematika, Fisika, Tehnik Informatika, Geodesi, Tehnik Sipil, Sastra Inggris, Ekonomi Manajemen, Akuntansi, Hukum, Sosiologi, serta yang lain dengan kata lain nyaris semuanya jurusan diperlukan didunia pertambangan. Pertambangan yaitu sarat tehnologi, serta implementasi kerja di pertambangan yaitu lintas disiplin pengetahuan.

Prasyarat pendidikan pelamar fresh graduate (pengalamn kerja tambang 0 th.) yang biasanya dibutuhkan waktu masuk tambang yaitu :

Sarjana untuk level Supervisor termasuk juga untuk manfaat tehnis Geologist, Surveyor dan lain-lain, untuk level ini umumnya umur pelamar dibatasi optimal sekitaran 25 th..
Diploma III untuk level officer, batasan umur pelamar dibatasi umumnya 23-25 th..
SMK (listrik, mesin, otomotif, informatika, geologi, pertambangan, survey)/SMA IPA untuk level/posisi mekanik serta operator, batasan umur pelamar umumnya dibatasi 21-22 th..

Kompetensi

Kompetensi (keterampilan) tak dapat cuma diperlihatkan dengan pendidikan resmi. Banyak kompetensi-kompetensi diluar pendidikan resmi yang dikehendaki perusahan pertambangan harus dikuasai oleh calon karyawannya seperti kompetensi berbahasa Inggris. Dunia pertambangan sarat dengan tehnologi serta umumnya pasar dari pertambangan yaitu untuk ekspor implikasinya pekerja tambang bakal kerap terkait dengan orang asing. Terkecuali kompetensi berbahasa Inggris kekuatan lain yang harus dikuasai yaitu dapat memakai computer dengan baik. Satu diantara bentuk komunikasi yaitu memakai e-mail serta pastinya pemakai e-mail mesti dapat memakai computer. Diluar itu pekerja tambang harus memiliki kekuatan untuk presentasi dengan baik serta systematis, sudah pasti presentasi memakai alat bantu computer. Komptensi-kompetensi spesial juga dibutuhkan serta umumnya sesuai dengan posisi yang bakal diambil.

Kesehatan

Bekerja di tambang dituntut fisik yang sempurna, lantaran operasional di tambang dikerjakan sepanjang 24 jam serta butuh pengawasan ketat untuk segi kesehatan serta keselamatan kerja. Diluar itu umumnya pekerja tambang tinggal dalam perumahan/mess yang disiapkan oleh perusahaan, pasti mustahil perusahaan mengijinkan calon karyawan yang menanggung derita penyakit menular lantaran dapat beresiko untuk karyawan lain.  Kesehatan yang sempurna bukan hanya penampakan fisik serupa atlet binaraga, namun lebih pada beberapa fungsi organ badan yang normal dan ketahanan badan yang optimal hingga tak mudah sakit. Tidak hanya kesehatan, keselamatan pun juga menjadi bagian penting dalam pekerjaan di tambang. Anda dapat menemukan tempat yang jual sepatu safety di jakarta. Tempat pertambangan biasanya ada di pedalaman (remote ruang) hingga riskan dengan penyakit seperti malaria. Untuk orang yang ketahanan badannya lemah ini begitu rawan. Pihak perusahaan tentu mengasuransikan kesehatan karyawan serta pihak asuransi tentu tidak ingin terima peserta yang telah penyakitan.

Langkah Melamar

Sesudah penuhi tiga prasyarat paling utama yang dibutuhkan untuk masuk dunia pertambangan jadi langkah selanjutnya yaitu sistem melamar, serta prasyarat untuk melamar perusahaan tambang pasti mesti ada lowongan.

Untuk mencari lowongan pekerjaan di perusahaan pertambangan ada beragam langkah, yakni :

Info resmi di media elektronik, info resmi bila memakai internet sudah pasti tak memakai alamat e-mail gratisan, semakin lebih valid bila dicek juga di situs perusahaan itu. Perusahaan tambang yaitu perusahaan besar sudah pasti memiliki situs sendiri. Di situs resmi ini dapat dicek apakah lowongan yang ada benar atau tak, bertanya ke kontak resmi di situs tak ada kelirunya.

Info lowongan di media bikin, bila menginginkan mencari info lowongan kerja pertambangan di media bikin seperti koran, pastikan koran dengan taraf nasional. Bila yang di baca koran taraf regionaldaerah jadi kelas perusahaannya juga daerah. Langkah praktis untuk lihat perusahaan itu besar, serius, serta populer atau tak umumnya dapat diliat dari iklan yang dipertunjukkan.  Bila iklan lowongan pekerjaan cuma di iklan baris yang bacanya butuh kaca pembesar jadi baiknya abaikan. Asumsinya bila untuk mencari karyawan perusahaan cuma keluarkan duit receh untuk gunakan iklan, sudah pasti yang di terima akan dibayar dengan duit receh. Sekedar informasi, jika anda sedang mencari alat keselamatan kerja, salah satunya sepatu, anda dapat mencari atau membeli yang jual sepatu safety di glodok. disana dapat anda temukan macam-macam alat keselamatan kerja.

Di harian KOMPAS pada hari Sabtu serta Minggu umumnya banyak iklan lowongan pekerjaan, pastikan iklan lowongan perusahaan yang besar, bukanlah iklan baris. Tentukan yang mencantumkan nama perusahaan serta alamat resmi dan alamat e-mail bukanlah gratisan. Bila perusahaan cuma mencantumkan alamat PO BOX, serta e-mail gratisan abaikan saja, terkecuali bila memanglah telah ikhlas lahir batin untuk siap-siap terkena tipu. Makin baik perusahaan umumnya bakal makin terbuka, serta dalam menempatkan iklan umumnya juga mencantumkan situs resmi perusahaan untuk memberi peluang pihak lain tahu profil perusahaan itu.

Sesudah peroleh info lowongan pekerjaan di pertambangan, serta telah di pastikan kalau iklan lowongan itu dari perusahaan yang benar serta terpecaya, jadi langkah selanjutnya yaitu bikin lamaran yang umumnya diantar melalui e-mail.

Tinggalkan komentar