5 Tips Keselamatan Menggunakan Listrik di Dalam Ruangan

5 Tips Keselamatan Menggunakan Listrik di Dalam Ruangan

Menggunakan listrik dalam ruangan ada cara amannya agar kita terhindar dari bahaya tersengat listrik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak para para pekerja engineering yang mengalami kecelakaan kerja akibat tersengat listrik di indonesia cukup banyak, Tidak sedikit kasus-kasus seperti ini terjadi di indonesia, hal ini di sebabkan selain dari faktor yang tidak di sengaja juga faktir manusia itu sendiri.

Ketidakpedulian terhadap keselamatan kerja adalah salah satu faktor yang paling sering terjadi yang menyebabkan kecelakaan kerja. penggunaan alat keselamatan kerja juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari cara menghindari kecelakaan kerja. Penggunaan alat keselamatan kerja seperti jaket safety, helm safety atau pun sepatu safety adalah hal yang wajib di perhatikan bagi para pekerja.

Perusahaan yang peduli dengan keselamatan para pekerjanya sudah wajib memberikan fasilitas yang dapat memberikan keamanan bagi para pekerjanya. namun saat ini tidak sedikit para karyawan yang berinisiatif membeli alat keselamatan secara pribadi karena perusahaan tidak memberikan fasilitas ini. para karyawan membeli alat safety dengan membeli sepatu safety online yang dapat di temukan di internet.

ini hal yang perlu di berikan apresisasi, karena para karyawan benar-benar mempunyai perhatian khusus terhadap keselamatan kerja. Selain mereka membeli sepatu safety secara oline mereka juga membelinya langsung ke toko sepatu safety yang berada di tempat tinggal mereka masing-masing.

 

Di bawah ini 5 Tips Keselamatan Menggunakan Listrik dalam Ruangan :

 

  1. Jaga Jarak Anda

Memahami cara kerja listrik artinya Anda juga bisa menggunakannya dengan aman, terlebih di sekitar rumah. Berikut adalah beberapa fakta dan tips yang akan membantu Anda menghindari bahaya dan cedera yang diakibatkan bahaya listrik.

Perusahaan pertamamina pernah menulis di salah satu media dengan tema pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan bahwa keamanan dan keselamatan kerja harus benar-benar di perhatikan oleh setiap perusahaan dan pekerjanya.

Listrik selalu mencari cara untuk terus mengalir dengan mencoba menemukan konduktor seperti logam, air, tanah basah, kayu basah… atau bahkan juga badan Anda. 70 persen dari tubuh manusia yaitu air, jadi jika Anda menyentuh kawat atau alat yang rusak, listrik dapat langsung mengalir melalui Anda menuju tanah dan menyebabkan shock yang fatal dan berbahaya.  Perusahaan negara pertamina di salah satu seminarnya yang mengusung tema pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan pernah mengatakan bahwa

 

  1. Power Off

Kebanyakan panel listrik memiliki saklar utama. Gunakanlah saat mengganti breaker switch, atau saat dalam kondisi darurat. Jika panel listrik milik Anda tak memiliki saklar utama, matikan semua sirkuit yang ada. Jangan mengutak-atik meteran listrik Anda. Hal tersebut berisiko menyebabkan ledakan atau kebakaran.

 

  1. Cek Peng-kabel-an
  • Apakah sekering dan saklar Anda sering putus?
  • Apakah setrika atau toaster Anda tidak panas seperti mestinya?
  • Apakah gambar pada TV Anda kerap bersemut?
  • Apakah Anda menggunakan terminal listrik karena stop contact dirumah Anda terbatas

 

Jika jawaban Anda adalah ” Ya ” pada setiap pertanyaan diatas, mintalah bantuan teknisi terpercaya untuk memperbaiki pengkabelan di rumah Anda.

 

  1. Mencegah Shock akibat Listrik

Apabila Anda menggunakan steker dengan tiga cabang, cabang ketiga yaitu penghubung stop kontak dengan ” ground wire “, yang biasanya terkoneksi dengan pipa air atau rod ground pada panel listrik. Alhasil, saat berlangsung arus pendek, listrik mengalir langsung ke tanah dan mengurangi resiko shock pada Anda. Jangan pernah menghilangkan cabang ketiga.

 

  1. Uji Stop Contact Anda

Satu kesalahan terjadi saat listrik mengalir diluar jalur seharusnya, yang disebabkan kawat usang atau peralatan listrik yang rusak. Jika alat itu disentuh, maka Anda akan menjadi bagian dari rute aliran listrik yang memungkinkan Anda mengalami shock atau terbakar, kecuali Anda memiliki stop kontak dengan sakelar GFCI.

 

Ground Fault Circuit Interrupters (GFCIs) dapat Anda temukan pada stop kontak dan panel listrik. GFCI memantau arus aliran listrik ke- dan dari peralatan. Jika ada ketidakseimbangan dalam aliran, sakelar akan cepat memotong laju arus untuk mencegah cedera serius.

 

  • GFCI diperlukan di rumah-rumah baru, kamar mandi, garasi, dekat wastafel dan diluar rumah
  • GFCI diperlukan pada sebagian stop contact di lantai dasar.
  • GFCI dapat ditambahkan sementara pada sakelar adapter.
  • GFCI bisa juga ditambahkan oleh seorang teknisi listrik sebagai pengganti stop contact.

 

Jika stop contact Anda tak memiliki sakelar GFCI dan tombol reset, check panel listrik paling utama Anda, Anda mungkin memiliki beberapa masalah pada aliran listrik Anda yang dilindungi circuit breaker.

Untuk yang tinggal di wilayah jakarta, harga sepatu safety murah di jakarta banyak di temukan di pertokoan jakarta. Seperti dapat di temukan di pasar senen, pasar taman puring, dan tempat jual sepatu safety di glodok.

Lakukan pengecekan terhadap kelistrikan yang anda kerjakan, gunakan selalu sarung tangan pada saat pengecekan listrik. hindari hal-hal yang akan merugikan anda dalam hal kecelakaan kerja.

Mari kita tetap waspada dan berperilaku aman dalam menggunakan listrik. Pastikan semua peralatan kerja anda sudah memenuhi standar kerja. Gunakan selalu alat keselamatan kerja yang sesuai dengan medan kerja anda. Selalu gunakan sepatu safety untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s