Jenis Alat Keselamatan Kerja Dan Manfaatnya

Safety Helmet

Safety helmet di desain membuat perlindungan kepala dari special resisting penetration seperti terantuk dengan pipa, atap dan peluang jatuhnya benda dari atas. Penggunaan safety helmet dengan cara pas dan benar bisa kurangi konsekwensi yang mungkin muncul ketika terjadinya beberapa hal yang dijelaskan diatas. Cara penggunaan safety helmet yang benar akan memberi proteksi optimal bagi kepala. Daerah kerja seperti di kilang minyak, pabrik pupuk, petro kimia, proyek pembangunan gedung dan yang lain umumnya mengambil keputusan safety helmet sebagai alat pelindung diri yang mandatory. Karena potensi hazard yang datang dari atas kepala manusia terdapat banyak di lingkungan kerja seperti itu. Dalam memakai safety helmet, ada banyak hal yang perlu di perhatikan salah satunya,

  • Sebelumnya dipakai, optimis kalau helmet itu bisa dipakai, cocok dan nyaman di kepala anda (tak longgar dan tidaklah terlalu sempit), tak rusak dan cacat.
  • Gunakan dikepala dengan benar (tak miring, sangat mendongak, menunduk hingga menutupi pandangan, atau terbalik.
  • Jika ada pada tempat yang tinggi dan keadaan ber-angin, chain strip mesti dipakai untuk hindari safety helmet yang dipakai terbang karena tiupan angin kencang.

Dalam pemakaiannya, safety helmet kerap berlangsung insiden seperti bentrokan atau tertimpa benda yang jatuh. Sesudah berlangsung insiden, umumnya safety helmet alami rusaknya. Sekecil apa pun rusaknya yang berlangsung, safety helmet mesti didiganti dengan yang baru. Janganlah memakai safety helmet yang telah alami cacat atau rusaknya. Contoh rusaknya pada helmet yang butuh selekasnya ditukar.
Selain pemakaian helmet yang cacat yg tidak diijinkan, pemakaian helmet yang baikpun ada batasannya. Rata-rata usia gunakan satu safety helmet yaitu 5 th., tetapi ini begitu bergantung pada bahan pembuatnya. Tiap-tiap manufacturer akan mencantumkan batas maksimum penggunaan safety helmet produksinya pada tiap-tiap helmet. Periksalah dengan cermat. Butuh juga jadi perhatian kita yaitu bersihkan safety helmet sesudah dipakai. Hal semacam ini dikerjakan untuk hindari rusaknya material akibat kotoran yang melekat. Karena mungkin kotoran itu yaitu bahan kimia, minyak atau solvent yang dapat menyebabkan rusaknya bahan pembuat safety helmet itu.

Sabuk Keselamatan (safety belt)
Berperan sebagai alat pengaman saat memakai alat transportasi maupun perlengkapan lain yang sama (mobil, pesawat, alat berat, dan sebagainya)

Sepatu Karet (sepatu boot)

Berperan sebagai alat pengaman saat bekerja ditempat yang becek maupun berlumpur. Umumnya di lapisi dengan metal membuat perlindungan kaki dari benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dll.

Sepatu pelindung (safety shoes)

Seperti sepatu safety umum, namun berbahan kulit dilapis metal dengan sol dari karet tebal dan kuat. Berperan untuk menghindar kecelakaan fatal yang menerpa kaki karena tertimpa benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dll.

Sarung Tangan

Berperan sebagai alat pelindung tangan ketika bekerja ditempat atau kondisi yang bisa menyebabkan cedera tangan. Bahan dan bentuk sarung tangan di cocokkan dengan manfaat semasing pekerjaan.

Tali Pengaman (Safety Harness)

Berperan sebagai pengaman saat bekerja di ketinggian. Diharuskan memakai alat ini di ketinggian kian lebih 1, 8 mtr..

Penutup Telinga (Ear Plug/Ear Muff)

Berperan sebagai pelindung telinga ketika bekerja ditempat yang bising.

Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses)

Berperan sebagai pelindung mata saat bekerja (umpamanya mengelas).

Masker (Respirator)

Berperan sebagai penyaring hawa yang dihirup saat bekerja ditempat dengan kwalitas hawa jelek (contoh berdebu, beracun, dll).

Pelindung muka (Face Shield)

Berperan sebagai pelindung muka dari percikan benda asing saat bekerja (contoh pekerjaan menggerinda)

Jas Hujan (Rain Coat)

Berperan melindungi dari percikan air saat bekerja (contoh bekerja pada saat hujan atau tengah membersihkan alat).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s