Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan

Related image

Setiap pasangan yang sama-sama menyayangi tentu sempat dihinggapi rasa cemburu. Rasa ini dapat jadi bumbu dalam suatu hubungan. Namun, cemburu yang bagaimana, sich, yang masih tetap dipandang normal, dan bagaimana caranya mengelolanya? Cemburu adalah reaksi yang kompleks pada perasaan terancam akan hubungan yang tengah dijalin. Berlainan dengan rasa tidak suka, cemburu selalu melibatkan rasa takut akan kehilangan.

Kamu selalu merasa berprasangka buruk saat pasangan berpamitan akan berjumpa rekanan kantornya. Ingin selalu mengecek kehadiran pasangan saat ia tidak disisi, hati-hati. Itu sinyal tanda kamu menderita penyakit cemburu buta.

Cemburu sinyal cinta. Pendapat ini mungkin benar, namun bila telah tiba skala cemburu buta, baiknya kamu berupaya keras mengatasinya.

Berikut tips yang dapat kamu jajal untuk menghilangkan rasa cemburu dan curiga :

1. Ketahui Penyebab Cemburu
Tanyakanlah pada diri kamu sendiri, apa yang mengakibatkan kamu cemburu pada pasangan. Ada beberapa penyebabnya cemburu, diantaranya, rasa kurang percaya diri yang berlebihan hingga merasa rekan pasangan kamu tambah lebih baik.

Pasangan berkali-kali bercerita hubungan waktu lalunya, pasangan memiliki banyak rekan akrab lawan type, atau pengalaman kamu yang sempat diselingkuhi oleh pasangan. Tangani beberapa penyebabnya itu dengan membuat keyakinan pada sendiri, kalau kamu yaitu yang paling baik untuk pasangan.

Selain itu, kamu harus juga membuat keyakinan pada pasangan. Percayalah kalau ia akan tidak tidak sesuai harapan kamu. Jika penyebabnya cemburu yaitu pasangan yang menyukai mengungkit waktu dulu, bicarakan dengannya dan berikan apa yang kamu rasakan.

2. Gali Kepribadian Pasangan
Dengan mengetahui kepribadian pasangan, kamu dapat mengambil keputusan apakah ia layak jadi korban kecemburuan kamu atau tidak. Bila nyatanya ia yaitu sosok yang jujur dan setia, pasti tidak ada alasan kamu harus cemburu buta kepadanya.

Mintalah pendapat dari beberapa orang paling dekat pasangan, misalnya orang tuanya, saudara kandungnya, rekanan kerjanya, dan sahabat-sahabatnya untuk mengetahui lebih jauh kepribadian pasangan kamu.

3. Bercerminlah
Bila kamu mengungkap kecemburuan lewat cara menelepon setiap waktu, kirim SMS bertanya di mana ia berada dan dengan siapa, coba sekali-kali memohon pasangan untuk melakukan hal sama pada kamu.

Saat kamu merasa tidak nyaman, maka saat tersebut kamu akan tahu bagaimana tidak nyamannya pasangan dengan tingkah cemburu buta yang kamu kerjakan kepadanya. Ini akan menyadarkan kamu bagaimana semestinya menanggapi cemburu.

4. Mengetes dan Menyewa Detektif
Kedua hal ini mungkin terdengar berlebihan. Namun, tidak ada kelirunya kamu coba jika tingkat cemburu kamu memang telah berlebihan. Kirimkan orang dengan fisik prima untuk menggoda pasangan kamu dan mintalah orang yang lain untuk mengawasinya.

Dengan langkah tersebut, kamu dapat lihat apa reaksi pasangan. Bila tidak ada hal ganjil yang dikerjakannya, selekasnya lupakan kecemburuan kamu.

5. Lakukan Terapi
Bila semua jenis cara sudah kamu cobalah namun cemburu buta tidak kunjung pergi, mintalah pertolongan terapis untuk mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan yang ada pada diri kamu.

Cemburu mirip seperti penyedap rasa dalam masakan. Dengan ukuran yang tepat, maka akan buat masakan enak. Tetapi, akan beradampak sebaliknya bila dosisnya berlebihan.

Berikut lasan kenapa kamu harus berupaya menangani cemburu buta kamu pada pasangan. Komunikasi yaitu fasilitas yang paling efisien untuk membuat pengertian antar pasangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s