13 Makanan Tradisional Khas Dari Aceh

Image result for 13 Makanan Tradisional Khas Dari Aceh

Aceh yaitu lokasi yang memiliki beragam kekayaan alam, kekayaan ilmu dan pengetahuan, kekayaan budaya dan kekayaan agama yang sangat tinggi. Perihal ini pula yang membuat Aceh jadi daerah yang khusus dari jaman kerajaan, penjajahan sampai jaman modern saat ini. Kota yang memperoleh julukan ” Serambi Mekkah ” ini selain populer dengan wisata budaya juga tidak ketinggal dengan wisata kulinernya. Beragam macam hidangan kuliner yang membuat lidah kita bergoyang. Maka tidaklah heran bila kita bertandang ke Aceh akan diperoleh panganan ciri khas Aceh. Apa sajakah makanan tradisionil ciri khas Aceh itu, yuk kita simak.

1. Mie Aceh

Mie Aceh, satu type kuliner yang menggoda dari Aceh, dapat dicicipi dengan dua cara, yaitu di goreng atau di rebus dengan kata lain memakai kuah. Untuk rasa dapat memilih sendiri, apakah ingin pedas atau tidak. Jadi macam dapat meggunakan kepiting, daging atau seafood. Macam berikut yang kelak memastikan nama mienya.

2. Sate Matang

Sate masak telah bergema di setiap kota semua Aceh, medan bahkan juga Jakarta. Dimana ada orang-orang Aceh menetap di kota-kota besar di Indonesia. Tentu ada gerobak yang bertulis sate “sate matang”. Diberi nama sate masak karena aslinya dari daerah Masak, Bireuen. Yang buat special sate ini karena maka dari itu dengan kuah soto. Di Banda Aceh, banyak warung yang sediakan makanan ini, satu diantaranya yaitu di Rex Peunanyong.

3. Kuah Pliek U

Kuah Pliek ‘U yaitu makan aceh yang sangat popular dengan kombinasi beragam rasa dan kaya vitamin dan beberapa zat yang dapat tingkatkan gairah dan kebal badan.
Diluar itu juga Kuah Pliek ‘U juga adalah makanan tradisional jaman dulu yang melambangkan kekerabatan dan keanekaragaman dalam orang-orang Aceh yang bisa dikumpulkan dalam satu kuali, hingga mengasilkan rasa yang unik dan disukai oleh semua orang-orang di luruh dunia. kuah Pliek ‘U juga adalah media mengenalkan hasil alam Aceh yang demikian kaya type sayurnya hingga dengan memakan kuah Piek ‘U bermakna kita sudah memakan semua sayuran yang berada di Aceh. Masakan ini harus dikonsumsi, karena pergi ke Aceh tanpa ada makan Kuah Pliek ‘U, sama dengan belum juga pergi ke Aceh. Masakan ini sangat mudah diperoleh, 90% tempat tinggal makan di Aceh tentu sediakan Kuah Pliek ‘U.

4. Gulai Kambing

Gulai kambing Aceh memiliki rasa yang ciri khas, karena memakai bumbu ciri khas Aceh. dibuat dengan memakai kuali besi yang besar dan selalu di panasi. Berarti kapanpun kamu pesan gulai kambing selalu disajikan dalam kondisi panas, daging kambing nya pun empuk dan tidak bau. Kamu akan di sajikan daging rebus cincang yang digabung dengan bawang dan cabe rawit tumbuk dan jeruk nipis jadi pelengkap gulai kambing. Jika bertandang ke Banda Aceh janganlah lupa untuk mencicipi sajian yang satu ini.

5. Kuah Masam Keu-eung

Masakan Asam Pedas yaitu masakan yang ada nyaris di semua Indonesia, bahkan juga Asia Tenggara dengan nama berbagai macam. Di Aceh Masakan ini bernama Asam Keueung atau Masam Keueung yang arti dengan harfiah yaitu Masam Pedas.

6, Kuah Sie Itek

Masakan Itik atau Bebek sangat banyak macam dan jenisnya di Nusantara. Namun yang ini terang lain karena masakan bebek ini miliki resep sendiri dari Aceh. Gule itek dari Aceh yang paling populer dating dari Bireun di daerah ini bumbunya sangat terasa. Penasaran? Kamu dapat segera cobanya di restoran-restoran ciri khas Aceh yang berada di sekitar rumah anda

7. Ayam Tangkap

Ayam tangkap adalah makanan ciri khas Aceh Besar, terbuat dari ayam yang di goreng dengan cabe hijau dan daun Teumuru atau Salam Koja atau Daun Kari (orang Aceh mengatakannya Teumuru sesaat 2 nama yang lain saya dapat dari. Rasa-rasanya memang seperti ayam goreng umum diberi tambahan aroma daun teumuru dan cabai hijau hingga memiliki sensasi rasa sendiri. Ayamnya dipotong kecil-kecil hingga tersembunyi di balik tumpukan daun teumuru dan cabai hijau goreng dan taburan bawang goreng di atasnya, mungkin karena tersembunyi itulah maka diberi nama ayam tangkap.

8. Rujak Aceh

Kamu pasti tidak asing sekali lagi dengan rujak. Kudapan sehat itu terbuat dari bermacam buah fresh yang dicocol dengan sambal gula merah yang menggoda. Tetapi, pernahkah Kamu coba rujak Aceh? Berlainan dengan rujak yang umum kita makan, rujak Aceh ini memiliki keunikan sendiri yang membuat rasa-rasanya berlainan dan rujak biasanya.

Yang membuat rujak Aceh berlainan yaitu buah yang digunakan. Rujak Aceh memakai buah rumbia ciri khas Aceh. Buah yang daunnya dipakai untuk membuat atap tempat tinggal ini diserut dengan buah-buahan yang lain.

Rujak Aceh telah jadi makanan tradisionil di daerah ini mulai sejak lama. Makanan ini nikmat dikonsumsi dalam kondisi dingin atau digabung dengan es serut dengan siraman saus rujak dan di nikmati di siang hari yang terik.

9. Martabak Aceh

Martabak ini yaitu martabak ciri khas Aceh yang berlainan dari martabak yang umum kita kenal. Bagaimana dengan cita rasa makanannya? Martabaknya pasti berlainan dengan martabak yang umum kita jumpai.

Dengan bahan dasar roti Cane, Sedang martabaknya sekilas serupa dengan telor dadar umum, namun ketika digigit baru terasa ketidaksamaannya. Martabak ini memakai roti cane jadi ” kulitnya “, dan dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas, martabak aceh ini enak untuk disantap jadi camilan dan Sangat disarankan di nikmati dengan Coffee.

10. Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah adalah masakan ciri khas Aceh yang lain dengan cita rasa-rasanya yang sangat menantang. Sama seperti memiliki bentuk, ikan kemamah terbuat dari ikan tuna yang sudah di rebus dan dikeringkan yang lalu iris-iris. Ikan kemamah dapat dibuat dengan memakai beragam bahan masakan, seperti santan kelapa, kentang, cabai hijau dan bahan rempahan yang lain. Selama perang Aceh melawan Belanda di rimba belantara, type masakan ini sangat populer karena sangat mudah dibawa dan dibuat.

11. Kue Adee

Kue tradisionil semacam bingkang manis ini, hanya dapat didapati di Aceh, terutama di lokasi kabupaten Pidie Jaya. Namanya pun tidak sulit untuk dilafal, yaitu Adee.
Adee adalah type kue memiliki tekstur lembut, legit, dan manisnya datang dari gula asli. Sekilas kue ini serupa dengan bingkang. Adee dapat jadi gabungan enak saat menyeruput satu gelas kopi atau teh. Dapat juga jadi sajian istimewa untuk menjamu tamu. Maupun jadi oleh-oleh untuk rekan dan kerabat diluar kota.

12. Kue Timphan

Sajian kue ciri khas Aceh sewaktu lebaran atau hari raya baik hari raya Idul fitri ataupun Idul Adha, Timphan ini di buat 1 atau 2 hari sebelumnya lebaran dan daya tahannya dapat menjangkau kurang lebih seminngu, Timphan yaitu menu sajian utama buat tamu yang bertandang kerumah saat lebaran.

Timphan yang disebut makanan lembek berbalut daun pisang muda ini yang paling populer yaitu Timphan rasa srikaya. Sebelumnya mendekati lebaran bisanya ibu-ibu telah mempersiapkan daun pisang muda baik menuai di kebun atau beli dipasar

13. Kopi Aceh

Janganlah mengakui pecandu kopi bila belum juga sempat rasakan nikmat dan kedahsyatannya kopi Aceh. Aceh dari dahulu memang populer jadi salah satu penghasil kopi paling besar di Indonesia, dengan cita rasa-rasanya yang ciri khas dan aroma yang kuat, seperti kopi Aceh Gayo.

Kopi Aceh pada intinya sama juga dengan kopi-kopi biasanya. Tetapi, karena cara penyajiannya yang agak berlainan, kopi Aceh memiliki ketidaksamaan rasa jadi di dalamnya terdapat kandungan antitoksin, menaikkan stamina badan dan dapat mengencangkan kulit.

Kopi aceh sangat khusus rasa-rasanya karena Kamu akan tidak temukan kopi senikmat kopi aceh di daerah manapun di Indonesia. Hal menarik saat nikmati kopi di Aceh yaitu dengan bersantai dan bercanda dengan rekan-rekan dan kerabat. Nikmati kopi di Aceh yaitu pengalaman yang unik dan langka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s