10 Tips Menikmati Liburan yang Murah

Menjelang akhir semester, biasanya mahasiswa telah mulai berangan-angan kemana ingin menggunakan saat liburan mereka. Terlebih saat naik tingkat, lamanya waktu berlibur biasanya dapat menjangkau satu bulan lebih. Bila hanya menggunakan waktu berdiam diri dirumah atau di kota asal, mungkin rasa-rasanya akan menjemukan. Bagaimana bila berusaha untuk pergi liburan?

Memang terkadang dari kita akan temukan masalah besar di problem biaya. Namun, siapa katakan berlibur yang asik hanya dapat di nikmati oleh mereka yang memiliki uang banyak saja? Ya, memang terkadang untuk penuhi keperluan keseharian saja, kita jadi mahasiswa masih tetap merasa susah atau pas-pasan, terlebih untuk pergi berlibur yang biasanya memerlukan biaya yang banyak. Tetapi, kamu tidaklah perlu cemas sekali lagi. Bila kamu mahasiswa, berikut ini yaitu 10 cara nikmati berlibur yang murah yang dapat kamu cobalah :

“Kencangkan” Dana

Untuk kamu yang memiliki dana super terbatas, coba untuk menabung. Sisihkan beberapa uang saku untuk liburan. Misalnya dalam satu hari uang saku kamu yaitu 50 ribu, ambillah 10 ribu Rupiahnya untuk ditabung, atau minimum 10% dari uang saku kamu keseharian. Kerjakan hal semacam ini dengan berkelanjutan. Bila misalnya dalam satu minggu ada sehari yg tidak dapat menyisihkan uang sakunya, bermakna hari selanjutnya harus menyisihkan uang saku 2 x lipat. Paling tidak bila menyisihkan uang saku 10 ribu /hari, maka satu bulan dapat terkumpul sekitar 240 ribu, dan dalam satu semester dapat menyatukan dana sebesar 1. 440. 000. Lumayah, bukan?

Namun, mungkin beberapa dari kita ada yang memiliki masalah dalam cara nabung buat liburan. Bila memikirkan memang terlihat sangat mudah, tetapi dalam prakteknya susah mengagumkan. Banyak dari kita tergoda untuk membagikannya untuk banyak hal yang tidaklah terlalu penting, atau barangkali masalah yang lain yaitu ada pengeluaran tidak terduga yang cukup kuras kantong.

Jalan keluar beda selain menabung, kamu dapat memperoleh pendapatan penambahan yang lain selain dari orangtua, misalnya kerja paruh waktu, freelance atau barangkali berdagang kecil-kecilan. Banyak perusahaan atau instansi yang buka peluang untuk mahasiswa untuk memperoleh pendapatan lebih. Kita harus rajin-rajin mencari info melalui rekan atau pakai sarana internet. Untuk lebih mudah, gunakan tujuan berapakah banyak biaya yang perlu terkumpul.

Rencanakan tujuan dengan matang

Point penting dari sebuah berlibur yang berhasil yaitu dengan merencanakannya terlebih dulu jauh sebelumnya pergi. Terlebih untuk berlibur yang terbatas dengan biaya. Pastikan mencari info sebanyak mungkin tentang tempat yang akan jadi maksud. Banyak hal yang perlu di perhatikan yaitu tentang transportasi, tempat penginapan, berapakah lama waktu berlibur, dan bila perlu buat rundown atau susunan acara agar lebih terorganisir dengan baik. Janganlah lupa juga berikan rencana cadangan, bila terjadi beragam masalah ketika hari H. Akan tidak ada waktu dan biaya yang terbuang dengan berencana maksud dengan masak dan berlibur kita akan makin asik.

Pilih waktu yang tepat

Kapan waktu kamu liburan akan sangat memengaruhi banyak pengeluaran yang diperlukan. Bila dana terbatas, kita harus jeli dalam memilih waktu liburan. Jauhi tanggal merah, weekend, berlibur sekolah, atau acara hari besar dan libur nasional. Pada waktu-waktu itu, biasanya biaya untuk berlibur akan melonjak 2 x lipat.

Mencari info promo

Banyak tawaran promo paket liburan, hotel atau barangkali ticket pesawat. Biasanya, kamu dapat menjumpai hal semacam ini di internet. Kamu harus rajin-rajin mengaksesnya. Rajin-rajinlah untuk mengecek harga ticket, biasanya lain beberapa jam saja, harga dapat beralih. Bila perlu, daftarkan e-mail kamu agar dapat memperoleh e-mail berlangganan untuk promo yang mereka menawarkan. Dengan memperoleh promo begini akan sangat untungkan untuk kamu yang memiliki dana minim.

Kerjakan reservasi mulai sejak dini

Bila memang sudah mengetahui ke mana tujuan dan kapan waktu liburan mulai sejak jauh-jauh hari, cepatlah kerjakan reservasi untuk hotel atau ticket. Kerjakan reservasi minimum satu bulan sebelumnya keberangkatanmu. Biasanya, dengan melakukan reservasi dari jauh hari, kamu akan memperoleh harga yang tambah lebih murah dibanding bila saatnya mepet.

Makin banyak rekan, makin menguntungkan

Ingin berlibur yang irit dan lebih asik? Janganlah sangsi untuk mengajak rekan kamu sebanyak mungkin. Dengan mengajak rekan, beberapa pengeluaran dapat dibagi dengan. Misalnya bila ingin menyewa mobil, kamar hotel, biaya pengeluarannya dapat dibagi sejumlah jumlah yang turut. Kamu dapat juga bertukaran photo dengan rekan. Terdengar lebih seru dan mengasyikkan, bukan?

Janganlah sangsi berteman dengan orang baru

Pergi liburan ke daerah baru? Gunakan peristiwa begini untuk banyak mengeksplor daerah itu, termasuk orang-orangnya seperti apa. Kerjakan komunikasi dengan warga sekitar. Kita akan banyak menaikkan pikiran dan rekan tentunya. Sama-sama bertukar nomor ponsel atau alamat yang dapat dihubungi, agar jalinan yang baru terwujud dapat berjalan lama. Kamu akan memiliki banyak rekan atau kenalan di beragam daerah. Ini sangat seru sekali. Jadi, suatu saat ketika kamu berkunjung di daerah tertentu, kamu dapat menghubungi rekan atau kenalanmu. Siapa tahu dia dapat mengajak kamu untuk bermalam di tempat tinggalnya selama berlibur. Hal semacam ini pastinya akan kurangi biaya kamu dalam pergi liburan, bukan?

Gunakan potongan harga untuk pelajar atau sarana gratis

Beberapa paket wisata ada juga yang memberi potongan harga khusus untuk pelajar atau mahasiswa jika tunjukkan KTM nya. Ini berita yang baik untuk kamu yang ingin liburan dengan dana yang minim. Atau barangkali beberapa hotel ada yang tawarkan paket irit apabila membooking kamar 2 hari. Misalnya ada juga paket kamar hotel yang dapat berbagi dengan orang yang liburan yang lain dengan penawaran harga yang sangat mengundang selera.

Siasati makan, bawa cemilan

Jangan sampai meremehkan konsumsi makan selama pergi liburan. Jangan pernah karena dana yang terbatas, sampai membuat kamu tidak pedulikan masalah makan. Siasati jumlah makan. Bila jumlah makan yang dihidangkan melimpah ruah, kamu dapat membaginya dengan rekan yang pergi liburan dengan. Atau umpamanya minta saja jumlah 1/2 bila memang kamu tidak mampu untuk menelannya sendiri. Diluar itu, alangkah lebih baik bila kamu sediakan camilan mengenyangkan misalnya buah pisang. Selain menyehatkan, buah ini dapat menolong kamu dalam menahan rasa lapar. Yang terutama yaitu bagaimana makanan yang kamu makan dapat penuhi gizi dan kebutuhanmu keseharian.

Nekat

Mungkin point paling akhir ini akan terdengar lebih menantang, namun memang hanya dengan bermodal nekatlah mungkin kamu akan dapat mewujudkan liburanmu yang dananya terbatas. Memang terkadang suatu hal yang spontanitas biasanya semakin lebih seru dan tidak terlupakan. Mungkin anjuran paling akhir ini dapat dilakukan untuk kamu yang lebih sukai suatu hal yang menantang dan siap bertahan dalam keadaan apa pun.

Demikian tips yang dapat kamu kerjakan bila ingin liburan dengan dana terbatas. Jadi penambahan, kamu dapat mengeksplor keindahan alam dan daerah yang dipunyai oleh Indonesia. Jadi, kamu tidaklah perlu keluarkan biaya banyak untuk pergi ke luar negeri. Yang penting berlibur dapat tetaplah jalan, hati senang, dan siap untuk menghadapi semester baru di perkuliahan nanti. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s