Jenis Mesin Kasir dan Manfaatnya

Macam-Macam Mesin Kasir
Baik sedang mencari mesin kasir pertama untuk bisnis yang baru dirintis atau ingin mengganti mesin kasir lama, tentu ada berbagai macam model yang perlu menjadi pertimbangan. Teknologi semakin maju, hal ini juga membuat toko atau usaha ritel untuk menerapkan program kasir untuk memudahkan transaksi, dengan adanya jasa pembuatan software kasir bisa membantu dalam pembuatan program kasir.

Apalagi dengan fungsi yang kini semakin beragam, mulai dari mesin kasir offline yang paling standar dengan mesin penghitung dan tempat penyimpanan uang saja, hingga mesin kasir online yang teknologinya lebih maju dan dapat mempermudah aktivitas operasional sehari-hari.

Dari berbagai macam tipe, merk, fungsi dan merk yang ada sekarang ini, berikut tiga tipe umum mesin kasir.

1. Electronic Cash Register (ECR)

Jenis mesin kasir offline satu ini termasuk yang paling sering ditemui di restoran atau toko-toko kecil, dengan laci uang yang hanya terbuka apabila transaksi penjualan sudah diterima oleh kasir. Perkembangan jaman menuntut toko atau usaha ritel untuk lebih cepat dalam transaksi,maka dari itu dibutuhkan jasa pembuatan aplikasi kasir untuk membuat software pos sebagai solusi untuk transaksi dengan cepat.

Bagi ECR klasik, petugas kasir masih harus memasukkan jumlah penjualan secara manual dengan keyboard.

Namun, sekarang pemasaran ECR klasik sudah berkurang dan tergantikan oleh ECR modern, yang mana kasir hanya perlu melakukan scan barcode produk dan total penjualan akan otomatis ter-update.

Meskipun fungsinya masih standar, ECR, baik yang klasik maupun modern, sudah bisa mencetak struk. Tidak hanya diberikan kepada pembeli, printer ECR juga akan secara otomatis mencetak salinan struk untuk penjual sebagai bukti saat melakukan pembukuan.

2. Point of Sale (POS)

Bisa dibilang, POS adalah mesin kasir dengan versi yang lebih canggih dibandingkan ERC. Sama-sama termasuk mesin kasir offline, namun sistem POS berbasis komputer, menggunakan aplikasi atau software yang memungkinkan pengusaha menyimpan catatan sales, informasi pembeli, daftar inventaris, dan data bisnis lainnya.

Selain pencatatan yang lebih detail dan akurat, mesin kasir POS juga membaca purchasing behavior pembeli, yang kemudian bisa digunakan apabila pengusaha tersebut ingin menawarkan promo spesial yang relevan.

3. MPOS dan Cloud POS

MPOS, atau mobile point of sale, adalah sistem POS yang menggunakan tablet atau perangkat mobile lain. Ia bisa dioperasikan dengan iOS, Android dan Windows.

Tidak hanya memiliki perangkat yang lebih beragam, ukurannya yang kecil juga membuat mPOS lebih mudah disesuaikan dengan layout toko.

Memanfaatkan teknologi cloud, tipe mesin kasir online yang satu ini mampu memberikan data bisnis yang lebih komprehensif, dan membantu pengusaha untuk bisa mengakses data penjualannya secara langsung meski ia sedang tidak berada di tokonya.

Tinggalkan komentar